Teknik Tusuk Jelujur

Beragam Jenis Tusuk Dasar Dalam Seni Sulaman Kain Jarum

Kegiatan menyulam hampir serupa dengan kegiatan menjahit dimana penyulam harus menggunakan teknik tusuk jarum untuk membuat pola yang diinginkan. Untuk teknik tusuk, terdapat dua jenis teknik yang dikenal yaitu tusuk dasar dan juga tusuk hias. Berikut adalah teknik tusuk dasar pada seni sulaman kain jarum:

– Teknik Tusuk Jelujur
Teknik ini termasuk sebagai teknik tusuk dasar sulaman yang umumnya digunakan untuk menyambung atau mengabungkan dua kain menjadi satu agar tidak bergerak. Langkah melakukan teknik tusuk jelujur dimulai dengan membuat tanda atau garis pada kain sulam lalu mulai disulam dari bagian kanan ke bagian kiri. Setelah itu, tusukkan jarum di ujung garis bagian bawah titik A lalu tarik. Lalu, tusukkan jarum ke bagian bawah kain pada titik B dan lakukan hal yang sama pada titik C dan terus berulang untuk memperoleh pola yang sama.
Teknik Tusuk Tikam Jejak– Teknik Tusuk Tikam Jejak
Teknik tusukan ini dapat menghasilkan sulaman yang rapi. Cara melakukan teknik tusuk tikam jejak adalah dengan membuat garis atau penanda pada kain sebagai langkah pertama. Setelah itu, sama seperti tusuk jelujur, sulamlah dari bagian kanan ke kiri. Lalu, tusukkan jarum dari bagian bawah kain pada titik B. Kemudian, tusukkan jarum ke bagian bawah atau belakang kain di titik A sementara pada titik C jarum ditusukkan ke atas atau depan kain. Proses tersebut diulang sampai menghasilkan pola yang diinginkan.

Teknik Tusuk Feston– Teknik Tusuk Feston
Teknik ini berguna untuk merekatkan dua kain agar tidak bergerak dimana teknik ini seringkali diterapkan di bagian tepi kain. Untuk mengaplikasikan teknik tusuk feston, mulailah dengan memberi tanda pada kain barulah disulam dari kanan ke kiri. Setelah itu, tusukkan jarum dari bagian bawah kain pada titik A dan tarik hingga ujung benang. Lalu, tusuk ke bagian bawah sebagai titik B dan tusukkan jarum kembali ke titik A. Kemudian, tusukkan jarum dari bawah kain pada titik C menuju titik D dan kaitakan sisa benang pada jarum yang ada di titik C.

Ketiga teknik tersebut adalah teknik tusuk dasar yang terdapat pada seni sulaman kain jarum. Mempelajari teknik dasar menyulam tersebut tentu akan bermanfaat untuk para pemain https://multipoker88.net yang baru ingin belajar menyulam.

candarcm

Leave a Reply

Your email address will not be published.