Langkah-Langkah Melakukan Tusuk Silang Dasar Dalam Seni Sulaman Kain Jarum

Langkah-Langkah Melakukan Tusuk Silang Dasar Dalam Seni Sulaman Kain JarumTerdapat banyak teknik tusukan ketika melakukan proses sulam. Teknik tusukan akan sangat berpengaruh pada hasil akhir dari sulaman yang dilakukan. Salah satu teknik tusukan yang sering digunakan oleh para penyulam adalah teknik tusukan silang. Jika tertarik untuk melakukan tusuk silang dasar pada seni sulaman kain jarum maka ikutilah langkah-langkah di bawah ini.

– Memotong Benang dan Kain
Langkah pertama yang dilakukan untuk menyulam dengan tusuk silang dasar adalah memotong benang dan juga kain sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Setiap kotak kecil yang tersedia pada kain tusuk silang menjadi representasi satu jahitan.
– Memasukkan Benang Pada Jarum
Ambillah sehelai benang dan buatlah simpul di bagian ujungnya. Lalu, basahilah bagian tengah simpul benang agar lebih mudah ketika memasukkan benang ke jarum. Setelah itu, tariklah simpul sehingga hanya menyisakan dua ujung yang menghadap pada lubang jarum dengan arah berlawanan.
– Memulai Sulaman Tusuk Silang
Hitunglah pola yang hendak disulam sesuai dengan jumlah kotak untuk tusukan silang pertama. Setelah itu, masukkan jarum melalui bagian belakang kain. Tariklah benang sampai habis dan hanya menyisakan simpul bagian bawahnya. Lalu, silangkan benang ke arah atas atau ke bawah secara diagonal dan tariklah jarumnya melalui simpul pada bagian bawah agar dapat menghasilkan sulaman yang stabil.
– Meneruskan Tusuk Silang
Untuk memiliki pola yang sama maka gunakanlah pola sulaman tusuk silang yang sama. Untuk hasil yang maksimal, lakukanlah dari bagian tengah lalu keluar sampai pola selesai. Apabila kehabisan benang maka buatlah sebuah simpul di bagian belakang kain sebelum memotong benang baru.
– Menyelesaikan Tusuk Silang
Selesiakanlah proses menyulam dengan teknik tusuk silang sampai di titik akhir. Jika ingin menambahkan jahitan di bagian pinggir kain tidaklah masalah namun jangan lupa untuk membuat simpul di bagian bawah kain. Jika masih ada sisa benang maka potonglah benang tersebut dan benang diikat simpul.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah tersebut, cucilah kain hasil sulaman. Tidak sulit bukan untuk melakukan teknik tusukan silang pada seni sulaman kain jarum? Dan tentunya semua anggota agen sbobet bisa melakukannnya dengan gampang tanpa mengalami kesulitan.

candarcm

Leave a Reply

Your email address will not be published.