Mempelajari Teknik Tusukan Seni Sulaman Kain Jarum Agar Semakin Mahir

Tusuk Mendatar, tusuk simpul, tusuk rantai, tusuk jelujur, tusuk menyilangSulam menyulam sangat erat hubungannya dengan teknik tusukan dimana penyulam menggunakan jarum dan benang atau pita untuk menusuk dan membuat pola agar sulaman terlihat cantik. Teknik menyulam sebenarnya sangat sederhana karena penyulam hanya membutuhkan motif dasar yang nantinya akan diaplikasikan dengan teknik tusukan. Terdapat banyak teknik tusukan untuk seni sulaman kain jarum, beberapanya antara lain:

– Tusuk Mendatar
Teknik tusukan pertama yang paling umum adalah teknik tusukan mendatar. Penyulam mengaplikasikan teknik ini dengan cara melakukan tusukan mendatar yang dibuat lurus. Umumnya teknik ini dipakai untuk mengisi pola yang kosong. Tusuk ini juga merupakan tusuk paling sederhana yang biasanya dipelajari pertama.
– Tusuk Simpul
Pengaplikasian teknik tusukan simpul dilakukan dengan menarik benang dari bawah kain lalu diputarkan dua kali pada bagian batang jarum. Setelah itu, jarum ditarik kembali. Sebagai hasilnya, akan muncul efek tekstur yang tegas di bagian permukaan kainnya.
– Tusuk Rantai
Teknik tusukan rantai dilakukan pula dengan cara menarik jarum dari bawah kain seperti tusukan simpul. Yang berbeda adalah langkah selanjutnya dimana pada teknik ini jarum kembali disisipkan pada arah semula agar jarum keluar diatas benang yang dilalui sebelumnya.
– Tusuk Jelujur
Penggunaan teknik tusukan jelujur akan menghasilkan sulaman yang memiliki garis putus-putus. Caranya tidaklah sulit yaitu jahitlah dimulai dari arah kanan ke kiri pada ukuran dan juga jarak tusukan yang sama.
– Tusuk Menyilang
Teknik tusukan terakhir yang seringkali diaplikasikan adalah teknik tusuk menyilang. Tusukan menyilang umumnya dipakai untuk menghasilkan kruistik. Penggunaan teknik ini dilakukan dengan hasil menyilang. Caranya mudah, penyulam hanya perlu melakukan tusukan yang miring dari bagian kiri atas ke bagian kanan bawah lalu bergerak ke bagian kiri bawah ke kanan atas.

Terdapat 5 teknik seni sulaman kain jarum yang paling sering digunakan yaitu tusuk mendatar, simpul, rantai, jelujur dan juga menyilang. Untuk hasil yang variatif tentunya penyulam dapat memadu padankan setiap teknik tusukan tersebut. Oleh karena itu, sebelum melakukannya sebaiknya pelajari dulu teknik di agen bola terlebih dahulu, supaya memudahkan anda dalam melakukannya.

candarcm

Leave a Reply

Your email address will not be published.