Mengenal Seni Sulaman Kain Jarum Dan Berbagai Tekniknya

Mengenal Seni Sulaman Kain Jarum Dan Berbagai TekniknyaMenyulam adalah salah satu hobi yang berkaitan dengan sebuah seni dimana kegiatan menyulam sangat identik dengan wanita. Menyulam nyatanya juga dapat menjadi salah satu modal utama untuk membuka usaha yang menguntungkan. Itulah mengapa seni sulaman kain jarum perlu dikenali atau bahkan dipelajari. Lalu, darimana seni sulaman kain berasal? Apa saja teknik menyulam yang dapat dilakukan? Mari cari tahu lebih banyak di sini.

– Sejarah Tentang Menyulam
Menurut sejarah, Mesir adalah tempat dimana menyulam pertama kali ditemukan. Asumsi tersebut didukung oleh penemuan peninggalan yang berbentuk sulaman berupa sulaman tumbuh-tumbuhan di atas sebuah kulit binatang. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak budaya tradisional yang menjadikan kain sulam sebagai salah satu budayanya. Sekarang ini menyulam sudah banyak dikenal dan semakin banyak pula hasil sulaman dalam berbagai bentuk.

– Teknik Menyulam
Terdapat 3 teknik menyulam yang paling umum, yaitu sulaman benang, sulaman pita dan sulaman payet.
1. Sulaman Benang
Sulaman benang merupakan seni menyulam yang menggunakan benang sebagai bahan utama. Sulaman yang dihasilkan menggunakan beraneka teknik tusukan yang membentuk desain atau pola yang diinginkan. Sulaman benang adalah teknik menyulam yang paling dasar sehingga variasi tusukannya sangatlah variatif. Sulaman benang dapat ditemukan dengan mudah pada hiasan pakaian, jilbab, tas, dan lain-lain.

Seni Sulaman Kain Jarum Dan Berbagai Tekniknya

2. Sulaman Pita
Sulaman pita menggunakan pita berbagai ukuran dan variasi sebagai bahan utamanya. Yang menjadi keunggulan dari sulaman pita adalah efek tiga dimensi yang dihasilkan karena pita ukurannya lebih besar dibandingkan benang. Selain itu, dengan banyaknya pilihan ukuran, sulaman pita menghasilkan variasi hiasan yang kreatif. Umumnya, terdapat 2 aliran sulam pita yaitu aliran Jepang dan Eropa.
Teknik sulaman pada aliran Jepang tidak jauh berbeda dari teknik lainnya karena perbedaan hanya pada bahan sulaman. Sulaman Jepang dapat menggunakan teknik sulaman benang dan umumnya menggunakan pita satin. Sementara itu, sulaman pada aliran Eropa dilakukan dengan cara merangkai pita menjadi bentuk tertentu terlebih dahulu dan setelah itu direkatkan pada kain. Setelah rekat, sulaman dijahit. Sulaman Eropa umumnya menggunakan pita organdi.

Mengenal Seni Sulaman Kain Jarum Dan Berbagai Teknik

3. Sulaman Payet
Sulam payet merupakan seni hias kain yang menggunakan manik-manik atau payet sebagai bahan utama untuk menyulam. Teknik yang digunakan pada sulaman ini berbeda dengan sulaman benang dan pita. Untuk sulaman payet, jarum yang digunakan pun berbeda dari jarum untuk sulaman pita.

Seni sulam kain terdiri dari 3 teknik utama dengan bahan dasar sulaman yang berbeda-beda. Sudah dikenal sejak dahulu, seni sulaman kain jarum menjadi salah satu budaya yang masih terus berkembang hingga saat ini. Menariknya, penggemar yang tertarik dengan sulaman terus meningkat sehingga dan menghasilkan variasi yang kreatif.

candarcm

Leave a Reply

Your email address will not be published.